Lokakarya Integrated farming Kerjasama Kp4 dengan TNI & KPWN

Written by Operator KP4 on . Posted in Rilis Berita

Lokakarya Integrated farming Kerjasama Kp4 dengan TNI & KPWN

Pada tanggal 16 dan 17 November 2009 Kebun Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Pertanian (KP4) UGM, Bekerjasama dengan TNI AD dan Koperasi Perumahan Wanabakti Nusantara (KPWN) mengadakan Lokakarya dengan tema ”Pengembangan Sistem Pertanian Terpadu dalam Meningkatan Kesejahteraan Petani dan Ketahanan Pangan Nasional”

Seperti diketahui Kebun Pendidikan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Universitas Gadjah Mada (KP4 UGM) merupakan salah satu Unit Penunjang Universitas yang memberikan layanan kepada civitas akademika UGM maupun kepada masyarakat di luar UGM melalui peran aktif dalam upaya mewujudkan pengelolaan pertanian Indonesia secara berkelanjutan untuk mendukung ketahanan dan keamanan pangan nasional, peningkatan produktivitas, peningkatan pendapatan petani, diversitas biologi dan kualitas lingkungan. TNI adalah Warga Negara Indonesia (Sapta Marga ke-1) yang tidak dapat dipisahkan dari rakyat Indonesia. Oleh karena itu, Kemanunggalan TNI-Rakyat menjadi sebuah keniscayaan yang harus dikmbangkan/dimantapkan dari waktu ke waktu.

Di dalam lokakarya ini dihadirkan beberapa pembicara, antara lain:

  1. “ Desain dan Pola Pengelolaan Pertanian Terpadu Biosiklus (Biocyclofarming)” Narasumber : Dr. Ir. Cahyono Agus DK., M.Agr.Sc.(Kepala KP4 UGM)
  2. “ Penerapan Riset dan Teknologi Pertanian Terpadu Guna Mendukung Peningkatan Produktifitas Kerja Petani “ Narasumber : Dr. Jamhari, SP., MP. (Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian UGM)
  3. “ Tantangan dan Peluang Kemanunggalan Pertanian TNI dalam Mendukung Ketahanan Pangan Nasional “Narasumber : Komandan Korem 072/PMK Yogyakarta
  4. “ Strategi Pengelolaan Agroekosistem (Lahan Kering dan Lahan Basah) dalam Meningkatkan Produktifitas dan Kesejahteraan Petani “Narasumber : Dr. Ir. Bambang Hendro Sunarminto, SU.(Ilmu Tanah Pertanian Fakultas Pertanian UGM)
  5. “ Pemanfaatan Sumberdaya Teknologi Pertanian dalam Membangun Kemandirian Petani “Narasumber : Ir. RD Maman Suherman, MP. (Dinas Pertanian Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)
  6. “ Pengembangan Terminal Agribisnis Pertanian Terpadu dalam Menunjang Kesejahteraan Petani dan Ketahanan Pangan Nasional “Narasumber : Dibyo Poedjowadi (Koperasi Perumahan Wanabakti Nusantara)

Menurut Dr. Ir. Cahyono Agus DK., M.Agr.Sc dengan adanya lokakarya ini diharapkan terciptanya komunikasi dan koordinasi yang intensif di dalam level ABCG ( Academic,Bisnis, Comunity, Goverment) dan perlunya optimalisasi potensi di seluruh stake holder yaitu Man, Money, Material, Machine and Method (5M) untuk mencapai satu tujuan yaitu ketahanan pangan nasional.

Lokakarya ini dihadiri lebih kurang 35 peserta yang berasal dari perwakilan civitas akademik dari dosen Fakultas di lingkungan Agro-kompleks UGM, para penyuluh pertanian dari Kabupaten Sleman, Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul, dinas terkait dengan Integrated Farming, TNI-AD dan masyarakat lingkungan pedesaan .

Trackback from your site.

Leave a comment