Mini Expo Ketahanan Pangan

Written by Operator KP4 on . Posted in Rilis Berita

MINI EXPO KETAHANAN PANGAN
LPPM JAKARTA

MINI EXPO :

Sistem Pertanian Terpadu Dalam Ketahanan Pangan Nasional

KP4 UGM bekerjasama dengan LPPM UGM pada tanggal 28 Mei 2009 mengadakan diskusi dan mini expo bertemakan "Sistem Pertanian Terpadu Dalam Ketahanan Pangan Nasional. Adapun tujuan acara ini adalah untuk

a) mempromosikan teknologi dan peluang usaha yang mungkin dapat dikembangkan kepada masyarakat.

b) Menjaring investor untuk memproduksi, mengkomersialkan, dan mengembangkan produk hasil inovasi tersebut.

c) Mempromosikan KP4 sebagai pusat pendidikan, penelitian dan pengembangan sumber daya hayati dan lingkungan hidup.

Ketiga tujuan tersebut di atas dirumuskan karena Kebun Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan Pertanian Universitas Gadjah Mada (KP4 UGM) merupakan salah satu Unit Penunjang Universitas yang memberikan layanan kepada civitas akademika UGM maupun kepada masyarakat di luar UGM melalui peran aktif dalam upaya mewujudkan pengelolaan pertanian Indonesia secara berkelanjutan dalam hal ketahanan & keamanan pangan, kemandirian dan kedaulatan pangan, peningkatan produktivitas, peningkatan pendapatan petani, diversitas biologi dan kualitas lingkungan, melalui konsep pengembangan agribisnis berbasis pertanian terpadu yang melandaskan pada pengelolaan bahan organik dengan 7R (reuse, reduce, recycle, refill, replace, repair, replant).

Kegiatan penelitian layak publikasi, layak paten dan layak bisnis yang dikembangkan KP4 melalui penelitian RUSNAS dan Klater Agro dengan dana DIPA 2009 juga disampaikan dalam mini expo tersebut. Adapun judul penelitian unggukan terpadu yang sedang dilaksanakan di KP4 adalah Gama Padi (Perakitan kultivar padi tahan kering), Gama Jagung (Pengembangan varietas jagung lokal unggul) , Gama Melon (Pengembangan melon varietas baru "Melodi Gama Basket"), Gama Rosella Tea (Pengembangan dan produksi tanaman rosella), Gama Sapi (Peningkatan mutu genetis sapi bali sebagai ternak potong dan plasma nutfah nasional dengan penerapan bioteknologi pakan dan reproduksi), Gama Ayam (Peningkatan performance ayam lokal melalui perakitan sumber genetik), Gama Soya (Pengembangan Daging Sintetis dan Tahu Sehat), Gama Anggrek (Perakitan dan perbanyakan klonal kultivar unggul anggrek Phalaenopsis-Vanda-Dendrobium), Gama Karbon (Peningkatan serapan karbon dalam Pola tanam tadah hujan), dan Gama bio-digester (pemurnian biogas, menggunakan zeolit dengan tujuan pengemasan dalam bentuk tabung)

Pengembangan jaringan ABCG (Academic/ Lembaga Pendidikan, Business/ bisnis, Community/ masyarakat, Government/ pemerintah) merupakan kunci keberhasilan pembangunan ketahanan pangan.

Dari kegiatan tersebut diatas diharapkan akan diperoleh output berupa a) Terciptanya berbagai macam teknologi pertanian hasil penelitian di UGM yang bisa diterapkan oleh masyarakat, b) Terjadinya negosiasi investasi dalam rangka produksi dan komersialisasi c) Terjadinya kerjasama antara UGM dengan pihak lain.

Peserta mini expo ini meliputi mitra dari Dinas-dinas pertanian daerah, Balai2 penelitian bidang pertanian, Media massa cetak, Perusahaan benih, perusahaan pestisida serta perusahaan bidang alat-alat pertanian.

Materi dan pembicara dalam mini expo ini antara lain:a) Education for Sustainable Development: Agribisnis Berbasis Pertanian Terpadu (Dr. Cahyono agus DK,/Kepala KP4 UGM, b) Pertanian organik dalam ketahanan dan keamanan pangan Nasional (Dr. Bambang Hendro Sunarminto/Program Pasca Sarjana Ilmu Tanah Pertanian UGM, c) Peran genetika dalam ketahanan dan keamanan pangan (Dr. Budi S Daryono/ Ketua Program Pasca Sarjana Fakultas Biologi UGM).

Setelah acara diskusi kemudian di lanjutkan dengan acara expo berupa pameran produk-produk unggulan KP4 berupa benih padi bersertifikat, Pupuk Gamanik, dan Produk rosella kering maupun olahan. Selain itu juga disediakan informasi tentang produk unggulan KP4 lainnya melalui leaflet, banner, poster.

Trackback from your site.

Leave a comment