Panen Perdana Program Ketahanan Pangan

Written by Operator KP4 on . Posted in Rilis Berita

KP4 UGM akan panen demplot Ketahanan Pangan yang merupakan kerjasama dengan KOREM 072, BISI, Dishutbun, PT Madubaru Madukismo, Klaster Agro & RUSNAS dsb pada hari Sabtu, 27 Juni 2009 di KP4 UGM Kalitirto Berbah Yogyakarta. Acara akan di buka oleh Prof. Dr. Retno S. Sudibyo, M.Sc., Apt (Wakil Rektor Senior Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat /WRSP3M) UGM. Sambutan lain adalah Dr. Cahyono Agus (Kepala KP4 UGM), Danrem, Kepala Dishutbun DIY. Ikut hadir dalam acara tersebut adalah tamu dari Korem, Kodim, Koramil, Polsek Berbah, Camat Berbah, para Dekan di lingkungan Agro Kompleks UGM (Fakultas Biologi, Farmasi, Kehutanan, Pertanian, Teknologi Pertanian, Kedokteran Hewan, Peternakan), LPPM, Ketua LPPT, PT. Madubaru/ PG Madukismo, BPSB Pertanian DIY-Jateng, Peneliti RUSNAS dan Klaster Agro UGM.

Demplot kerjasama ini dinilai oleh Mendiknas RI sebagai kegiatan bersama yang unik karena melibatkan unsur pendidikan tinggi dan tentara untuk ikut mensejahteraan rakyat secara langsung DAN diharapkan dapat menjadi acuan pengembangan pertanian dan ketahanan pangan. Selanjutnya akan dilakukan workshop dan pembuatan buku konsep Ketahanan Pangan yang melibatkan seluruh stake holder dan pakar-pakar dibidangnya.
KP4 UGM telah mengembangkan diri menjadi pusat kegiatan untuk EfSD (Education for sustainable development/ pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan) bukan hanya di bidang pertanian, tetapi juga di bidang sumber daya hayati dan lingkungan. Pengembangan jaringan ABCG (Academic, Business, Community, Government) telah diupayakan untuk menciptakan produk-produk baru unggulan yang diakui dunia. Fasilitas-fasilitas untuk pendidikan, penelitian, pengembangan serta out bond juga akan terus dilengkapi.
Saat ini sedang dilakukan penelitian tentang penciptaan konsep dan varietas-varietas baru unggulan yang benar-benar menjadi unggulan KP4, nasional, dan bahkan dunia. Beberapa.Penelitian unggulan terpadu yang sedang dilaksanakan di KP4 saat ini adalah GAMA PADI (Perakitan kultivar padi tahan kering), GAMA JAGUNG (Pengembangan varietas jagung lokal unggul), GAMA MELON (Pengembangan melon varietas baru “Melodi Gama Basket”), Gama Rosella Tea (Pengembangan dan produksi tanaman rosella), GAMA SAPI BALI (Peningkatan mutu genetis sapi bali sebagai ternak potong dan plasma nutfah nasional dengan penerapan bioteknologi pakan dan reproduksi), GAMA AYAM (Peningkatan performance ayam lokal melalui perakitan sumber genetik), GAMA SOYA (Pengembangan Daging Sintetis dan Tahu Sehat), GAMA ANGGREK (Perakitan dan perbanyakan klonal kultivar unggul anggrek Phalaenopsis-Vanda-Dendrobium), GAMA KARBON (Peningkatan serapan karbon dalam Pola tanam tadah hujan), dan GAMA BIO-GAS (pemurnian biogas, menggunakan zeolit dengan tujuan pengemasan dalam bentuk tabung), GAMA PADI (pengembangan teknologi budidaya hemat air)

Trackback from your site.

Leave a comment