Kebun Pendidikan,Penelitian dan Pengembangan Pertanian (KP4) siap rilis GAMA AYAM

Written by Operator KP4 on . Posted in Rilis Berita

Kebun Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan Pertanian Universitas Gadjah Mada (KP4 UGM) merupakan salah satu Unit Penunjang Universitas yang memberikan layanan kepada civitas akademika UGM maupun kepada masyarakat di luar UGM melalui peran aktif dalam upaya mewujudkan pengelolaan pertanian Indonesia secara berkelanjutan dalam hal ketahanan & keamanan pangan, kemandirian dan kedaulatan pangan, peningkatan produktivitas, peningkatan pendapatan petani, diversitas biologi dan kualitas lingkungan, melalui konsep pengembangan Agribisnis berbasis pertanian terpadu yang melandaskan pada pengelolaan bahan organik dengan 7R (recycle, reduce, reuse, refill, replace, replant, repair).

Di KP4 UGM saat ini sedang berlangsung kegiatan penelitian layak publikasi, layak paten dan layak bisnis. Melalui penelitian RUSNAS dan Klater Agro KP4 UGM melaksanakan 10 penelitian unggulan terpadu. Adapun judul penelitian unggulan terpadu yang sedang dilaksanakan di KP4 adalah Gama Padi (Perakitan kultivar padi tahan kering), Gama Jagung (Pengembangan varietas jagung lokal unggul) , Gama Melon (Pengembangan melon varietas baru “Melodi Gama Basket”), Gama Rosella Tea (Pengembangan dan produksi tanaman rosella), Gama Sapi (Peningkatan mutu genetis sapi bali sebagai ternak potong dan plasma nutfah nasional dengan penerapan bioteknologi pakan dan reproduksi), Gama Ayam (Peningkatan performance ayam lokal melalui perakitan sumber genetik), Gama Soya (Pengembangan Daging Sintetis dan Tahu Sehat), Gama Anggrek (Perakitan dan perbanyakan klonal kultivar unggul anggrek Phalaenopsis-Vanda-Dendrobium), Gama Karbon (Peningkatan serapan karbon dalam Pola tanam tadah hujan), dan Gama bio-digester (pemurnian biogas, menggunakan zeolit dengan tujuan pengemasan dalam bentuk tabung)

Salah satu dari kesepuluh penelitian itu yang saat ini siap rilis adalah Gama Ayam. Menurut drh. Hendry T.S.S.G. Saragih, M.P tujuan dari penelitian Gama Ayam adalah mendapatkan karakter fenotip (F1) yaitu warna bulu dan berat badan serta area dan jumlah miofiber otot Pectoralis thoracicus ayam (F1) hasil persilangan antara ayam Pelung dengan ayam Parent Stock Broiler Strain Cobb-500 sebagai alat identifikasi potensi ayam lokal tipe daging.

Gama Ayam ini mempunyai beberapa keunggulan, antara lain adalah peningkatan badan yang sangat signifikan dibandingkan dengan ayam lokal. Sebagai perbandingan dalam usia 7 minggu ayam lokal kita mempunyai berat sekitar 500gr, sedangkan ayam dari persilangan ini dalam waktu yang sama mempunyai berat 1100gr.Gama Ayam dalam 7 minggu sudah siap jual sedangkan pada ayam lokal usia siap jual sekitar 3-4 bulan.Untuk kedepannya hasil persilangan ini akan dievaluasi sehingga didapat indukan untuk mendapatkan galur baru ayam lokal Indonesia.

Trackback from your site.

Leave a comment