Agribisnis Pertanian Terpadu

Written by Operator KP4 on . Posted in Rilis Berita

 Visi : Menjadi unsur penunjang universitas terbaik di Asia Tenggara di bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan di bidang sumber daya hayati dan lingkungan hidup

Kebun Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan Pertanian Universitas Gadjah Mada (KP4 UGM) merupakan salah satu Unit Penunjang Universitas yang memberikan layanan kepada civitas akademika UGM maupun kepada masyrakat di luar UGM melalui peran aktif dalam upaya mewujudkan pengelolaan pertanian Indonesia secara berkelanjutan dalam hal ketahanan dan keamanan pangan, kemandirian dan kedaulatan pangan, peningkatan produktivitas, peningkatan pendapatan petani, diversitas biologi dan kualitas lingkungan, melalui konsep pengembangan Agribisnis berbasis pertanian terpadu yang melandaskan pada pengelolaan bahan organik dengan 5R (recycle, reduce, reuse, refill, replace).
Revitalisasi Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (RPPK) yang telah dicanangkan oleh Presiden SBY Juni 2005 diharapkan mampu menggalang komitmen dan kerjasama seluruh stakeholder dan mengubah paradigma pola pikir masyarakat melihat pertanian tidak hanya urusan bercocok tanam yang sekedar hanya menghasilkan komoditas untuk dikonsumsi. Pertanian mempunyai multi-fungsi yang belum mendapat apresiasi yang memadai dari masyarakat. Pertanian merupakan pemasok sandang, pangan, dan pakan untuk kehidupan penduduk desa dan kota juga sebagai pemelihara atau konservasi alam yang berkelanjutan dan keindahan lingkungan untuk dinikmati (wisata-agro), sebagai penghasil biofarmaka dan penghasil energi seperti bio-diesel.
Education for Sustainable Development (EfSD) lahir karena proses Pendidikan (formal, nonformal dan informal) merupakan instrumen kuat yang efektif untuk melakukan komunikasi, memberikan informasi, penyadaran, pembelajaran dan dapat untuk memobilisasi massa/komunitas, serta menggerakkan bangsa ke arah kehidupan masa depan yang berkembang secara lebih berkelanjutan (more sustainably developed). EfSD menyisipkan wawasan dan konsep secara luas, mendalam dan futuristik tentang lingkungan global dengan memberi kesadaran dan kemampuan kepada semua orang (utamanya generasi mendatang) untuk berkontribusi lebih baik bagi pengembangan berkelanjutan pada masa sekarang dan yang akan datang. Melalui EfSD terbangun kapasitas komunitas atau bangsa yang mampu membangun, mengembangkan dan mengimplementasikan rencana kegiatan yang mengarah kepada sustainable development, yaitu kegiatan yang mendukung pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan dengan mempertimbangkan beberapa eco-system. Melalui EfSD mendidik manusia sadar tentang individual responbility yang harus dikontribusikan, yang menghormati hak-hak orang lain, alam dan diversitas, dapat menentukan pilihan/keputusan yang bertanggung jawab, dan mampu mengartikulasikan semua itu dalam tindakan nyata. Melalui EfSD, kita secara bersama mempunyai komitmen untuk berkontribusi dalam mewujud-kan kehidupan yang lebih baik, dunia yang lebih aman-nyaman bagi kita semua, baik sekarang maupun di masa mendatang bagi anak cucu kita.

Perubahan paradigma baru dari Tri Darma PT yang tadinya meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang berdiri sendiri-sendiri akan disinergiskan menjadi Research and Services based learning. Kurikulum berbasis kompetensi yang dikembangkan UGM mengharuskan pembelajaran menekankan pada mahasiswa agar dapat mengerti (Learn to know), mengerjakan sendiri (Learn to do), menjadi aktor (Learn to be), dan bekerja bersama (Learn to work together), sehingga lulusannya mempunyai kompetensi (competence), komitmen (committment), keberpihakan (compassion), dan nurani (conscience) terhadap masyarakat awam. KP4 sebagai University Farm UGM yang mempunyai visi sebagai universitas riset berkelas dunia akan diberdayakan sepenuhnya sebagai wahana untuk transfer pengetahuan (Transfer Knowledge), keterampilan (Transfer of skills) dan nilai-nilai luhur (Transfer of values) di bidang pertanian terpadu dengan praktek langsung di lapangan.

Pemberdayaan 6M (man, money, material, method, machine, management), yang SERBA TEPAT (tepat orang, tepat waktu, tepat cara, tepat tempat, tepat sasaran, tepat bentuk), melalui kerja optimal (kerja keras, kerja cerdas, kerja sama) dengan cara 4K (komunikatif, koordinatif, konsolidatif dan konstruktif) yang KNPI (kreatif, normatif, produktif dan inovatif) perlu terus diupyakan, MULAI MO-LIMO (mulai dari sekarang, mulai diri sendiri, mulai dari yang sederhana, mulai dari tempat kita dan mulai dengan yang ada) agar revitalisasi pertanian benar-benar mempunyai kenyamanan hidup yang berkelanjutan bagi petani dan seluruh kehidupan di bumi ini.
KP4 menyediakan fasilitas pendidikan, praktikum, praktek kerja, magang, penelitian, pelatihan ,pengembangan sumberdaya hayati dan lingkungan hidup baik pelajar, mahasiswa (S1,S2 & S3) maupun peneliti, swasta, LSM, pemerintah dan seluruh stakeholder.

 

Trackback from your site.

Leave a comment