penyuluhan PENGELOLAAN KESEHATAN LINGKUNGAN DAN MASYARAKAT: Antisipasi dan Pengendalian Dampak Lalat bagi Kesehatan Lingkungan?

Written by Operator KP4 on . Posted in Rilis Berita

“PENGELOLAAN KESEHATAN LINGKUNGAN DAN MASYARAKAT:

Antisipasi dan Pengendalian Dampak Lalat bagi Kesehatan Lingkungan”

 

Kebun Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Penelitian (KP4 UGM) mengadakan penyuluhan “PENGELOLAAN KESEHATAN LINGKUNGAN DAN MASYARAKAT: Antisipasi dan Pengendalian Dampak Lalat bagi Kesehatan Lingkungan”. Kegiatan diadakan di Gedung KP4 UGM. Narasumber yang didatangkan antara lain Dr. Ir. Cahyono Agus Dwi Koranto, M.Agr Sc. Dari KP4 UGM, Toto Suharto, SKM.M.Kes dari Puskesmas Depok III, dan drh. Yatri Drastini, M.Sc dari Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Adapun peserta penyuluhan meliputi Kader pemerhati lingkungan, Perusahaan peternakan terkait, dan pemerintah setempat.
Dr. Ir. Cahyono Agus Dwi Koranto, M.Agr Sc selaku Kepala KP4 UGM menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan hidup sebagai wujud pernyataan kecintaan kita akan bumi sebagai tempat tinggal kita. diharapkan dapat menjadi edukasi dan solusi bagi masyarakat yang ingin menjadikan ramah lingkungan sebagai gaya hidup.
Dalam system kesehatan Nasional dan Rencana Program Reformasi di Bidang Kesehatan telah digariskan bahwa tujuan reformasi kesehatan adalah tercapainya kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar dapat mewujudkan derajat kesehatan kesehatan masyarakat yang optimal sebagai salah satu unsur kesepakatan umum dari tujuan nasional.
Masalah umum yang dihadapi dalam bidang kesehatan adalah jumlah penduduk yang besar dengan pertumbuhan yang cukup besar dan distribusi yang belum merata, tingkat pendidikan dalam social ekonomi masyarakat yang masih rendah.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut diatas telah dirumuskan dari salah satu langkah-langkah pelaksanaan upaya kesehatan antara lain pengendalian dampak lalat. Hal ini memerlukan perhatian yang serius, karena masih tingginya penyakit yang disebabkan dan ditularkan lalat.
Penyakit-penyakit yang ditularkan oleh lalat antara lain disentri, kolera, typhus perut, diare dan lainnya yang berkaitan dengan kondisi sanitasi lingkungan yang buruk. Penularan penyakit ini terjadi secara mekanis, dimana kulit tubuh dan kaki-kakinya yan g kotor tadi.Merupakan tempat menempelnya microorganism penyakit yang kemudian lalat tersebut hinggap pada makanan. Oleh karena demikian besar penyebaran penyakit yang dapat ditularkan melalui lalat, maka perlu dilakukan pengendalian lalat dengan cermat.
Kebun Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Pertanian (KP4) UGM yang merupakan salah satu unit penunjang universitas yang memberikan layanan kepada civitas akademika UGM maupun masyarakat di luar UGM melalui peran aktif dalam upaya mewujudkan pengelolaan pertanian terpadu dan berkelanjutan. Dengan Demikian, keberadaan peternakan merupakan factor utama dalam mendukung program pertanian dalam hal ini kemandirian dan kedaulatan pangan.
Kesehatan lingkungan (Sanitasi) adalah pencegahan penyakit dengan cara menghilangkan atau mengendalikan faktor-faktor yang berkaitan dengan rantai perpindahan penyakit tertentu. Peternakan ayam tidak bisa terlepas dari kotorannya yang merupakan sumber penyakit. Kotoran tersebut merupakan tempat perindukan utama terutama pada kotoran hewan yang masih lembab dan baru.
Pengetahuan masyarakat dan system penanganan tentang dampak lalat terkait dengan kesehatan lingkungan adalah factor yang harus diketahui oleh masyarakat sekitar. Untuk itu penyuluhan tentang “Antisipasi dan Pengendalian Dampak Lalat bagi Kesehatan Lingkungan” perlu diadakan.
 

Trackback from your site.

Leave a comment