UGM SINERGISKAN PENELITIAN UNGGULAN INSTITUSI DI KP4 DAN KEBUN MANGUNAN UGM

Written by Operator KP4 on . Posted in Rilis Berita

UGM SINERGISKAN PENELITIAN UNGGULAN INSTITUSI
DI KP4 DAN KEBUN MANGUNAN UGM

Kebun Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Pertanian (KP4) UGM memberdayakan seluruh sumber daya penelitian untuk melakukan riset dalam rangka menghasilkan terobosan baru GAMA FOOD. Kegiatan ini difasilitasi dalam kegiatan Hibah Penelitian Penguatan Laboratorium Lapangan di KP4 dan Kebun Mangunan untuk Gama Pertanian Tropika Terpadu, yang didanai melalui BOPTN 2013.


Menurut Kepala KP4 UGM, Dr. Cahyono Agus, pengembangan GAMA FOOD di KP4 UGM Yogyakarta dilaksanakan melalui program 5A, yang terdiri atas: AGRO-PRODUKSI, AGRO-BISNIS, AGRO-TEKNOLOGI, AGRO-INDUSTRI, AGRO-WISATA pada komoditas unggulan terpilih, dari hulu dan hilir, secara utuh dan terpadu. Inovasi di bidang Pertanian Terpadu harus mampu menghasilkan produk dengan 3K (Kuantitas, Kualitas dan Kontinyuitas) yang memadai sehingga menjadikan komoditas pertanian sebagai sumber kehidupan dan lingkungan yang memadai.


Penelitian Penguatan Laboratorium Lapangan ini diharapkan akan menghasilkan penelitian unggulan institusi yang utuh dan terpadu mensinergiskan seluruh sumber daya penelitian 6M (man, money, material, method, machine, management) di UGM, sehingga tidak terpisah sendiri-sendiri. Untuk itu, penelitian dilakukan pada satu kesatuan grup riset, tempat, waktu, tema, komoditas, manajemen, saling sinergis dan terpadu dari hulu sampai hilir di KP4 UGM dan Kebun Mangunan UGM, sehingga bisa diberdayakan untuk penunjang pendidikan, penelitian, pengabdian dan pengembangan bagi seluruh pemangku kepentingan, baik sivitas akademik, masyarakat, pemerintah dan swasta, serta secara formal, in-formal maupun non-formal. Dengan arahan dan strategis unggulan institusi bersama tersebut, maka diharapkan akan meningkatkan atmosfer penelitian bagi seluruh pelaku penelitian agar mempunyai kemampuan, kemauan, kesempatan dan kewenangan untuk bersinergis dalam tim yang solid.


Cahyono menyampaikan pula bahwa KP4 UGM mengembangkan Pusat Unggulan (Center of Excellence) berupa Pertanian Terpadu, yang mengacu pada konsep pembangunan berkelanjutan, melalui pengelolaan sumber daya alam, sumber daya air, sumber daya hayati dan sumber daya lingkungan secara optimal. Program ini mempunyai ciri pokok dan merupakan pengejewantahan program Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development) yang harus memperhatikan gatra peningkatan nilai ekonomi, kelestarian lingkungan, keadilan sosial dan budaya, secara sinergis dan optimal. Keseimbangan produksi dan konsumsi merupakan salah satu point yang harus dikembangkan, sehingga dalam satu kesatuan lahan tersebut mampu memproduksi pangan, pakan, papan, pupuk, obat herbal, dan wisata.


KP4 menyediakan setidaknya 20 paket penelitian bersama sebesar @ Rp. 100.000.000, (seratus juta rupiah) untuk mendukung penguatan Laboratorium Lapangan di KP4 dan Kebun Mangunan, sebagaimana yang tercantum panduan yang bisa didownload di www.lppm.ugm.ac.id atau www.kp4.ugm.ac.id atau klik disini

Trackback from your site.

Leave a comment